SUKA BUNGA SAKURA? YUK BACA FAKTA MENARIKNYA

Keseharian anak muda masa kini tidak terlepas dari pengaruh budaya asing. Mulai dari fenomena telenovela, serial asing, sinetron India, drama Korea, dan Cosplay Jepang. Tidak ada salahnya meniru atau menyukai budaya asing tersebut. Asalkan kita tahu cara membatasinya agar tidak kebablasan.
Salah satu yang digandrungi adalah kecantikan bunga Sakura. Bahkan Fariz RM sempat mengabadikannya menjadi judul lagu yang sempat hits pada era tahun ‘80-an. Sakura identik dengan kelembutan dan keindahan. Nah, buat kamu yang suka dengan bunga yang satu ini, kamu perlu tahu beberapa fakta menarik seputar bunga Sakura. Silakan disimak
Bunga Sakura - Pixabay.com
Bunga Sakura – Pixabay.com

1. POHON SAKURA MUDAH MEMBUSUK

Batang pohon Sakura mudah sekali mengalami pembusukan. Sekali terjadi pembusukan, maka cukup sulit untuk mempertahankan seluruh pohon agar tidak ikut membusuk. Hal ini yang menjadikan pohon Sakura membutuhkan perhatian yang lebih.
Jadi, kamu perlu berhati-hati saat sedang selfie dengan latar pohon Sakura. Jangan sampai merusak bagian batangnya. Karena luka kecil saja pada tubuh pohon dapat berakibat fatal.

2. JEPANG MEMILIKI LEBIH DARI 600 JENIS SAKURA

Bunga Sakura memang diketahui memiliki kemampuan untuk bermutasi secara berkala. Hal ini yang menjadi penyebab terdapat banyak jenis pohon Sakura. Jumlah jenis Sakura di Jepang ini termasuk jenis endemik dan hasil perkawinan silang antar jenis.
Ragam jenis Sakura bisa dilihat dari perbedaan warna dan ukuran kelopak bunga. Selain itu, bentuk pohon dan buah yang dihasilkan pun akan berbeda, baik dari sisi bentuk maupun ukurannya.

3. PERBEDAAN NAMA SAKURA DIDASARKAN PADA PERBEDAAN JUMLAH KELOPAK BUNGA

Bunga Sakura dengan kelopak hingga 5 helai disebut hitoe. Untuk bunga dengan jumlah helai kelopak antara 5 sampai 10 helai disebut hanyae. Dan jika mempunyai lebih dari 10 helai kelopak bunga, maka akan disebut yae.

4. DAUN DAN KELOPAK BUNGA SAKURA DAPAT DIKONSUMSI

Setelah diolah melalui proses pencelupan ke dalam garam, daun dan kelopak bunga Sakura dapat digunakan sebagai bahan pembuatan makanan. Bahan hasil olahan dari Sakura ini dikenal dengan nama Sakurazuke. Bahan ini biasa digunakan dalam pembuatan mochi dan roti.

5. BUNGA SAKURA TERMASUK KE DALAM KELUARGA ROSACEAE

Bentuk bunga Sakura memang terlihat menyerupai mawar. Kelopak bunganya berlapis-lapis. Sakura memang termasuk ke dalam subfamili dari bunga mawar.

6. SAKURA MENJADI SIMBOL FEMINIM

Bunga Sakura kerap diibaratkan dengan kecantikan yang rapuh namun elegan. Tidak heran jika banyak digunakan sebagai nama bagi anak-anak perempuan di Jepang. Bunga ini memang terlihat sangat anggun dan menawan.

7. WARGA JEPANG MENYEBUT SAKURA SEBAGAI SIMBOL MUSIM SEMI

Alasannya cukup sederhana, yakni bunga Sakura mekar pada bulan April. Hanya sebagian kecil jenis bunga Sakura yang tidak mekar pada bulan April. Selain itu, musim semi di Jepang selalu ditandai dengan pohon Sakura dengan bunganya yang bermekaran.

8. SAKURA MENJADI LOGO UANG KOIN 100 YEN

Bunga Sakura memang menjadi simbol kebanggaan Jepang. Bunga ini pun digunakan sebagai simbol yang terukir pada uang koin senilai 100 Yen. Alasannya, karena pecahan uang ini adalah salah satu yang kerap digunakan oleh masyarakat dalam kesehariannya.

9. SAKURA DAPAT DIMINUM

Sakura juga bisa diseduh, lho. Kelopak bunganya yang telah direndam garam kemudian diseduh dalam secangkir air panas. Bunga Sakura akan terlihat mengembang kembali di dalam cangkir.
Kelopak bunga yang diseduh ini disebut sakurayuSakurayu biasanya menjadi minuman yang disajikan dalam acara-acara formal seperti, pernikahan dan pertemuan keluarga yang resmi.

10. SAKURA MENJADI SIMBOL TENTARA JEPANG

Logo Sakura juga bisa kamu temukan di tanda pangkat dan bendera Japan Military Self-Defence Forces (JMSDF). Meskipun tidak pernah secara resmi menjadi bunga nasional, Sakura tetap menjadi bunga favorit masyarakat Jepang.

11. SAKURA DIANGGAP SEBAGAI LAMBANG PERMULAAN

Sebenarnya anggapan ini muncul karena setiap bunga Sakura mekar, selalu bertepatan dengan awal periode akademik baru di berbagai institusi pendidikan. Tidak hanya itu, permulaan tahun anggaran bisnis juga dimulai di bulan yang sama dengan mekarnya bunga Sakura.

12. JEPANG MEMILIKI ACARA KHUSUS UNTUK MENIKMATI MEKARNYA SAKURA

Begitu indah dan istimewanya bunga Sakura, sehingga masyarakat Jepang melakukan acara khusus untuk menyaksikan bunga ini bermekaran. Acara Hanami adalah momen yang dinanti seluruh masyarakat Jepang. Tatkala pohon-pohon Sakura mulai dipenuhi bunga yang bermekaran, saat itu mereka akan meluangkan waktu untuk berpiknik bersama teman atau keluarga. Tujuannya tak lain untuk menikmati keindahan Sakura dengan duduk-duduk santai di bawah pohonnya.
Berbeda dengan suasana piknik di tanah air, Hanami tetap berlangsung secara tertib. Selain itu, karena pohon Sakura rentan rusak, maka masyarakat sangat berhati-hati saat melakukan Hanami. Jadi, bersenang-senang tanpa merusak lingkungan.

13. POHON SAKURA TERTUA DI JEPANG MENCAPAI USIA 2000 TAHUN

Pohon Sakura yang terdapat di Kuil Jissou ini memang terkenal karena usianya yang sangat tua. Pohon ini bahkan disebut sebagai salah satu monumen alam di Jepang. Lokasi tepatnya adalah di kawasan Prefektur Yamanashi. Jika kelak berkunjung ke Jepang, jangan lupa berfoto di sini, ya.

14. SEBUTAN HAZAKURA JIKA BUNGA SAKURA TELAH GUGUR

Mungkin inilah satu-satunya pohon dengan sebutan khusus tatkala bunga-bunganya telah berguguran. Hazakura, adalah sebutan bagi pohon dengan bunga Sakura yang telah mekar dan gugur. Pada kondisi tersebut, yang tersisa adalah pucuk-pucuk baru.

15. SOMEIYOSHINO ADALAH JENIS BUNGA SAKURA YANG PALING BANYAK DI JEPANG

Someiyoshino adalah jenis Sakura yang paling banyak ditanam di negara ini. Semua gambar dan logo Sakura yang digunakan, mengambil standar bentuk bunga Sakura dari Someiyoshino ini. Bunga Sakura jenis ini, hanya mekar selama seminggu saja. Setelah seminggu, maka bunga akan gugur dengan indahnya.
Sekarang kamu sudah tahu, kan apa saja hal menarik seputar bunga Sakura? Kalau ingin melihatnya langsung, kamu tidak perlu jauh-jauh ke Jepang, kok. Kebun Raya Bogor sudah menanam beberapa jenis pohon Sakura. Selamat ber-hanami.
(serbaulasan.com)
Previous
Next Post »