SUDAH TAHUKAH KAMU TENTANG 5 FAKTA MENARIK AFRIKA SELATAN INI?

Afrika Selatan, negara yang berada di ujung selatan benua Afrika ini menarik untuk dicermati. Perkembangan sosial masyarakat dan pertumbuhan ekonomi di negara ini patut diapresiasi. Jika dahulu Afrika Selatan terkenal dengan politik apartheid (pemisahan ras) yang kental, saat ini, ia terkenal sebagai negara demokratis dengan Nelson Mandela sebagai presiden kulit hitam pertama. Negara yang berbatasan langsung dengan Namibia dan Botswana ini memiliki penduduk kulit putih terbesar di Afrika. Nah, berikut beberapa fakta menarik lainnya tentang Afrika Selatan yang penting untuk diketahui:

1. GUNUNG MEJA (TABLE MOUNTAIN)

Gunung Meja dalah gunung tertua yang memiliki 1500 spesies tumbuhan, lebih banyak dari seluruh spesies tumbuhan di Inggris Raya. Table Mountain terletak di Cape Town. Luas Cape Floral Region sendiri kurang dari 0,5% dari seluruh Afrika namun dihuni oleh hampir 20% flora di benua Afrika. Dan, ada wilayah kecil di Table Mountain yang memiliki spesies tanaman lebih banyak dari empat negara lain. Jika dunia dibagi menjadi enam kingdom bunga yang tersebar di beberapa negara, maka Afrika Selatan memiliki semuanya. Kingdom Bunga Cape sendiri memiliki 9600 spesies yang 70%-nya tidak ada di belahan dunia manapun. Bicara tentang keanekaragaman hayati, Afrika Selatan menempati posisi tertinggi ketiga di dunia.
Gunung meja di Afrika Selatan (gambar: mustseeplaces.eu)

2. BAHASA TERBANYAK

Afrika Selatan memiliki bahasa resmi terbanyak di dunia, yaitu 11 bahasa resmi. Ini karena negara ini dihuni oleh berbagai macam bangsa. Bahasa resmi yang dipakai di Afrika Selatan adalah Inggris, Afrika, isiZulu, isiXhosa, Sesotho, Setswana, Sepedi, Xitsonga, Siswati, isiNdebele dan Tshivenda.
Afrika dengan Bahasa Terbanyak (gambar: theodysseyonline.com)

3. INDUSTRI FILM TERTUA KEDUA

Pada dunia hiburan, Afrika Selatan memiliki industri perfilman tertua kedua di dunia. Amerika Serikat tercatat sebagai negara yang membangun industri film pertama, sebelum Afrika Selatan. Saat ini, Afrika Selatan menjadi salah satu negara tujuan bagi para produser film, televisi, maupun iklan, di tingkat internasional. Hal ini karena selain Afrika Selatan memiliki fasilitas produksi kelas dunia, juga didukung oleh nilai tukar yang menguntungkan, cuaca yang baik, dan memiliki beragam lokasi pengambilan gambar.
(gambar: theweekendersa.com)

4. TRANSPARANSI KEUANGAN

Di bidang keuangan, Afrika Selatan adalah negara kedua paling transparan di dunia. Pada tahun 2012, Afrika Selatan meraih 90 dari 100 poin dalam laporan Open Budget Index yang diselenggarakan oleh International Budget Partnership, yang berkantor di Washington. Ini membuatnya menempati posisi kedua dari 100 negara di dunia dalam hal transparansi anggaran. Afrika Selatan adalah satu dari enam negara dunia yang merilis informasi anggaran secara luas pada badan legislatif dan masyarakat umum.
(gambar: pymnts.com)

5. SENJATA NUKLIR PERTAMA

Di bidang militer, Afrika Selatan merupakan negara pertama yang membangun senjata nuklir kemudian membongkarnya secara keseluruhan. Hingga saat ini, Afrika Selatan masih menjadi negara satu-satunya yang melakukan itu, sejak Perang Dingin berakhir pada hampir 30 tahun lalu. Sedangkan hulu ledak nuklir masih dimiliki oleh sembilan negara lainnya, yaitu Israel, Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Rusia,India, Pakistan, Korea Utara, dan China; dengan jumlah total 23.000 hulu ledak nuklir.
(gambar: nuclearweaponsfree.org)
Previous
Next Post »